20 Desember, 2009

Pengajian Ba'da Subuh Minggu Ketiga Bulan Desember

Assalamu'alaikum WW,

Alhamdulilllah,
Puji Syukur Kepada ALLAH swt
Sholawat dan salam Kepada Nabi Muhammad Saw,

Alhamdulillah antusias jama'ah Baitusyakuur meningkat, Pengajian kali ini bersama KH Zarkasih, dengan tema Tahun Baru Islam (Hijriah).

Mempelajari makna hijrahnya Nabi dari Mekah Ke Madinah, setelah 13 tahun berdakwah di Mekah, Berpindah dari hal yang buruk kepada hal yang baik.

Yang dilakukan oleh Nabi setelah tiba di Madinah adalah membangun Masjid, masjid Quba namanya,selajutnya mempersatukan kaum Anshor dan Muhajirin.

pada bulan ini juga disunahkan berpuasa sesuai dengan hadits Nabi berikut ini,

Dari Ibnu Abbas RA, ketika Rasulullah SAW tiba di Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa. Rasulullah SAW bertanya, "Hari apa ini? Mengapa kalian berpuasa?" Mereka menjawab, "Ini hari yang agung, hari ketika Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya serta menenggelamkan Fir'aun. Maka Musa berpuasa sebagai tanda syukur, maka kami pun berpuasa."Rasulullah SAW bersabda, "Kami orang Islam lebih berhak dan lebih utama untuk menghormati Nabi Musa daripada kalian." (HR. Abu Daud).

Disamping itu disunnahkan untuk berpuasa sehari sebelum ‘Asyura yaitu puasa Tasu’a pada tanggal 9 Muharram, sebagaimana sabda Nabi SAW yang termasuk dalam golongan sunnah hammiyah (sunnah yang berupa keinginan/cita2 Nabi tetapi beliau sendiri belum sempat melakukannya):
Ibnu Abbas RA menyebutkan, Rasulullah SAW melakukan puasa 'asyuura dan beliau memerintahkan para sahabat untuk berpuasa. Para sahabat berkata, "Ini adalah hari yang dimuliakan orang Yahudi dan Nasrani. Maka Rasulullah saw. bersabda, "Tahun depan insya Allah kita juga akan berpuasa pada tanggal sembilan Muharam." Namun, pada tahun berikutnya Rasulullah telah wafat. (HR Muslim, Abu Daud).

Dari kajian tersebut ada kesimpulan dari ustadz,Mengambil makna apa yang dilakukan oleh Nabi yaitu mempersaudarakan Kaum Anshor dan Muhajirin bahwa setiap Muslim adalah saudara maka dari itu hendaknya Jama'ah saling memperhatikan dalam kebaikan saling menjaga aqidah.

Demikian sekilas kajian yang di sampaikan oleh Ustadz zarkasih.
Kita mohon kepada ALLAH agar kita selalu di dalam perlindunganNYA.
amiin Ya robbal alamiin
IK

Tidak ada komentar:

Mushollah BaitusSyakuur 1430 H

Mushollah BaitusSyakuur 1430 H
Tampak dari samping pintu utama